“Teguhkan Keimanan Di Akhir Zaman” Kajian Islami & Tebar Buku Islami Bertempat Di Masjid Al-Juman 08/07/2018

Salah satu keistimewaan umat akhir zaman adalah menjadi saksi kebenaran ayat-ayat Allah dan Nubuwat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalla, para sahabat dan generasi salaf tidak menyaksikan kejadian-kejadian akhir zaman.

Tetapi mereka yakin dengan kabar yang dibawa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tersebut. Sedangkan kita yang hidup di akhir zaman ini, melihat sendiri dengan mata kepala kita. Semoga hal ini semakin menambah keimanan kita tentang kebenaran risalah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Hari ini kita melihat satu persatu tanda hari kiamat terjadi. Salah satunya ialah ujian keimanan yang sangat berat. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menggambarkan banyak manusia yang paginya mukmin, sorenya kafir. Atau sorenya mukmin, kemudian di pagi hari menjadi kafir.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بَادِرُوا فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِي كَافِرًا وَيُمْسِي مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا يَبِيعُ دِينَهُ بِعَرَضٍ مِنْ الدُّنْيَا

Dari Abu Hurairah yang meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, “Bersegeralah beramal sebelum datangnya fitnah seperti sepenggal malam gelap gulita. Seorang laki-laki di waktu pagi mukmin dan di waktu sore telah kafir. Di waktu sore beriman dan pagi menjadi kafir. Ia menjual agamanya dengan kesenangan dunia.” (HR. Ahmad: 8493).

Hadits ini menerangkan betapa dashyat dan beratnya ujian keimanan di akhir zaman. Iman menjadi labil. Di waktu pagi masih beriman. Di waktu petang tiba-tiba menjadi kafir. Ada pula seseorang yang  beriman di waktu petang. Tapi tiba-tiba pada esok harinya telah menjadi kafir. Kerusakan iman tersebut terjadi begitu cepat.

Iman yang begitu mahal bisa gugur dalam satu malam atau satu hari saja. Begitu banyak dan tanpa disadari banyak orang menggadaikan imannya untuk mendapatkan sedikit harta  dunia. Mereka lebih mencintai dunia daripada iman dan akhirat.

Melihat pentingnya materi tentang “Meneguhkan Iman Di Akhir Zaman” maka Yayasan NUN kembali mengadakan kajian Islami bertempat di Masjid Al-Juman, Komplek Kehutanan, Jl. Pahlawan 1, Gg. Aut, Ds. Bondongan, Bogor Selatan, dengan pemateri Ustadz. Sapriyatna Salmani, S.Ud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *