“Sulit Mengakui Kesalahan Serta Sulit Memaafkan” Kajian Islami Serta Pembinaan Bertempat Di Warung Islami Bogor 21/02/2018

Mengakui dosa dan kesalahan terkadang sangat sulit dilakukan oleh hampir setiap individu, padahal mengakui dosa serta kesalahan  adalah di antara sebab datangnya ampunan. Betapa banyak pun dosa yang telah kita lakukan. Ini adalah sunnahnya para nabi. Jalan keteladanan yang mereka contohkan. Kita tahu Nabi Adam ‘alaihissalam dan istrinya Hawa, mereka menyesali kesalahan mereka, mengakuinya, dan mencela perbuatan tersebut. Lalu Allah pun memberikan ampunan untuk mereka. Sebagaimana dalam firman-Nya,

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Keduanya berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi”. (QS. Al-A’raf: 23).

Selain mengakui dosa serta kesalahan, ada satu hal yang sangat agung didalam Islam, yaitu memaafkan kesalahan orang lain. Tentu ini merupakan perkara yang sangat sulit untuk dilakukan mengingat manusia memiliki rasa dendam yang senantiasa dibisikkan oleh syetan, namun rasa dendam tersebut harus dhapuskan serta memaafkan kesalahan orang lain. Sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala:

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ

Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh (QS. Al-A’raf: 199)

Melihat pentingnya pembahasan tentang mengakui kesalahan serta memaafkan orang lain, maka Yayasan NUN berinisiatif mengadakan kajian Islami serta pembinaan yang bertempat di Warung Islami Bogor pada hari Rabu, 21 Februari 2018 dengan Pemateri Ustadz. Adi Umayyah.

Mari bersama-sama kita raih kemulian dan keberkahan dengan mendukung program yang mulia ini, dengan cara menyalurkan donasi  ( infaq, Sedekah & zakat ) anda ke rekening Sehati berikut ini:
*Mandiri Syari’ah : 705 5205 919
*BNI Syari’ah : 0303 1583 62
Semua rekening a/n Nurul Ummah Nusantara Raya atau Klik Link Dibawah ini :

Konfirmasi tranfer: 0857 2382 0576( Sms )                                                                                                                                      *Tebarkan Hidayah Keseluruh Pelosok Nusantara Bersama Nurul Ummah Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *