Semarak Idul Fitri di Lapas Paledang Bogor

Bogor 1 syawal 1438 H – Ratusan warga penghuni Lapas Kelas IIA Paledeng Bogor memenuhi aula Lapas Bogor untuk menjalankan ibadah shalat Idul Fitri 1438 H.

Shalat Idul Fitri dipimpin oleh imam Ustad Sapriyatna Salmani, S.Ud., Ketua Yayasan Nurul Ummah Nusantara sekaligus juga bertindak sebagai Khatib.

Momentum Idul Fitri merupakan hari yang penuh dengan suasana syukur, hari yang penuh dengan suasana pengagungan, hari yang penuh dengan suasana kebersamaan dan persatuan, serta hari yang penuh dengan suasana pengharapan kepada Robb, Tuhan alam semesta. Maka sudah sepantasnya bagi hamba-hambanya yang beriman mengucapkan tahmid, tasbih, tahlil dan takbir atas semua nikmat yang telah diberikanNya, yaitu nikmat ketundukan terhadap ibadah agung yang telah disyariatkan oleh agama yang agung yang telah dibawakan oleh manusia yang agung untuk mengagungkan Alloh Dzat yang maha Agung. Dan hal ini merupakan bentuk syiar-syiar Islam yang agung.

ذَلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ

“Demikianlah (perintah Allah). Dan barang siapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati” [QS. Al-Hajj : 32].

Tidak terasa Ramadhan telah meninggalkan kita, maka hendaknya kita senantiasa optimis menjalankan kehidupan 11 bulan selanjutnya dengan menjaga amal-amal kebaikan, optimis karena dibulan ramadhan, kita telah menjalankan sebagai hamba-Nya yang tunduk dan patuh atas perintah-perintahnya, sebagai hamba-Nya, kita telah berusaha melakukan berbagai bentuk ketaatan, dengan meninggalkan kebiasaan yang disukai tabiat manusia, menahan lapar, disaat sebelumnya kita adalah hamba yang senantiasa mudah kenyang, menahan rasa malas untuk berdiri memanjatkan doa-doa dan permintaan pada sholat-sholat kita, menahan sabar untuk terus memeluk, membaca dan mentadaburi kandungan-kandungan dari ayat-ayat suciNya, berlatih bersabar untuk senantiasa berbagi dengan sesamanya. Semuanya dilakukan dalam rangka agar kita menjadi hamba-hambanya yang bertakwa. Sebagaimana yang telah diperintahkan-Nya dalam (Q.S Al-Baqoroh:183)

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Q.S Al-Baqoroh:183)

Lebih jauh, Ustadz Sapriyatna Salmani mengajak para jamaah penghuni Lapas untuk terus istiqomah dan meneladani kisah nabi Yusuf Alayhissalam yang terpenjara disebabkan bukan atas kesalahan dirinya melainkan fitnah orang lain, Namun nabi Yusuf as memilih untuk bersabar dalam kebenaran maka Alloh berikan derajat mulia didunia dan akhiratnya, Alloh berikan nabi yusuf as perbendaharaan dunia dan kebahagiaan akhirat meski ia harus tebus dengan masuk dalam sel penjara terlebih dulu. Selain itu juga belajar dari kisah nabi Yunus alayhissalam yang terpenjara dalam kegelapan perut ikan paus yang bertingkat-tingkat gelapnya disebabkan kesalahan nabi Yunus yang meninggalkan kaumnya dengan kemarahan, kemudian Nabi Yunus bertaubat dan beristighfar maka Alloh kembalikan ia pada derajat yang mulia di Dunia dan akhirat.

Maka hendaknya kita mentadaburi kisah kedua manusia utusan Alloh ini, dimanapun posisi kita maka, keberadaan kita ditempat yang penuh dengan hikmah dan rahmat Alloh ini haruslah sebagai tempat bagi kita untuk memohonkan ampun atas kesalahan dan kehilafan kita, bersabar atas ujian yang Alloh tentukan dan juga bersyukur, sebab diantara kita, bisa jadi Alloh subhana sedang menghapus dosa dan meninggikan derajat-derajat kita sehingga kita kembali menjadi manusia yang utuh sesuai dengan fitrah tujuan penciptaan manusia yaitu meminta, memohon dan beribadah hanya kepada Alloh semata.

Allohu Ta’ala A’lam…

Bagi kaum muslimin yang berminat untuk donasi tetap maupun tidak tetap, atau menyalurkan zakat, wakaf dan sedekah dapat melalui:

MANDIRI: 1330011948536

BSM: 70552059191

BNI Syariah: 0303158362

BRI: 001201000149568

BNI: 303664038

Semua rekening atas nama Yayasan Nurul Ummah Nusantara

Konfirmasi Transfer Format: Nama#Jumlah Transfer#Nama Bank

Kirim ke 0857-9540-9020 (SMS/WA)

Kami ucapkan jazaakumullaahu khayron wa baarokallaahu fiykum.

Atau melalui konfirmasi transfer langsung

[contact-form-7 404 "Not Found"]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

linked in share button