“Muraqabah” Kajian Islami & Pembinaan Karyawan Taman Wisata Aldepos 14/05/2018

Muraqabah merupakan salah satu sifat yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Karena dengan muraqabah inilah, seseorang dapat menjalankan ketaatan kepada Allah SWT dimanapun ia berada, hingga mampu mengantarkannya pada derajat seorang mu’min sejati. Demikian pula sebaliknya, tanpa adanya sikap seperti ini, akan membawa seseorang pada jurang kemaksiatan kepada Allah kendatipun ilmu dan kedudukan yang dimilikinya. Inilah urgensi sikap muraqabah dalam kehidupan muslim.  Dalam sebuah hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ أَحَبَّ لِقَاءَ اللهِ أَحَبَّ اللهُ لِقَاءَهُ، وَمَنْ كَرِهَ لِقَاءَ اللهِ كَرِهَ اللهُ لِقَاءَهُ
“Barang siapa yang merindukan pertemuan dengan Allah, maka Allah pun akan merindukan pertemuannya dengan diri-Nya. Dan barang siapa yang tidak menyukai pertemuan dengan Allah, maka Allah pun tidak menyukai pertemuan dengannya” (HR. Bukhari).
Inilah urgensi dari muraqabah, Muraqabah (selalu merasa ada dalam pengawasan Allah Subhanahu Wata’ala) adalah salah satu maqam dari sikap ihsan, sebagaimana yang pernah diisyaratkan oleh Malaikat Jibril ‘alaihis Salam dalam hadits Rasulullah, saat kepada beliau ditanyakan: apa itu ihsan? Saat itu Malaikat Jibril sendiri yang menjawab, “Engkau menyembah Allah seolah-olah engkau melihat Dia. Jika engkau tidak melihat Allah maka sesungguhnya Dia melihat engkau.” (HR Muslim).
Melihat pentingnya materi tentang muraqabah, Yayasan NUN kembali mengadakan kajian Islami serta pembinaan karyawan bertempat di Taman Wisata Aldepos Bogor, pada hari Senin 14 Mei 2018 dengan pemateri Ustadz, Sapriyatna Salmani, S.Ud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *