“Mewaspadai Ilmu Yang Tidak Bermanfaat” Kajian Islami Dan Pembinaan Karyawan Bertempat Di Taman Wisata Aldepos 02/04/2018

Ilmu merupakan anugerah yang tidak semua orang bisa mendapatkannya, ilmu secara umum terbagi dua:

  1. Ilmu Syar’i
  2. Ilmu duniawi

Ilmu syar’i yaitu ilmu yang berkaitan dengan syari’at Islam, seperti Aqidah, Akhlak, Fiqh, Sirah dan yang lainnya. Adapun ilmu duniawi yanitu ilmu yang bersifat keduniawian. Manakah yang wajib dipelajari oleh seorang hamba? keduanya harus dipelajari, namun tentulah ilmu syar’i adalah yang utama sebab ilmu syar’i merupakan pedoman seorang hamba yang bertaqwa.

Sebagai seorang hamba yang bertaqwa, kita harus memanfaatkan ilmu yang kita miliki, agar  menjadi ilmu yang bermanfaat sebagaimana do’a yang selalu kita panjatkan:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Ya Allah … aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang thayyib, dan amal yang diterima.” (HR. Ibnu Majah no. 925) 

Namun bagaimana jika kita tidak memanfaatkan ilmu yang dimiliki, dan menjadikan ilmu itu tidak bermanfaat bagi sesama. Maka kelak Allah akan menanyakan ilmu kita, apakah digunakan untuk menolong agama Allah ataukah sebaliknya kita gunakan untuk bermaksiat kepada Allah subhanahu wata’ala. Dalam sebuah hadist Rasulullah berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دُعَاءٍ لَا يُسْمَعُ

Ya Allah … aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari jiwa yang tidak merasa puas, dan dari doa yang tidak didengar (tidak dikabulkan).” (HR. Abu Dawud no. 1548, An-Nasa’i no. 5536, dan Ibnu Majah no. 3837. Hadits ini shahih.)

Melihat pentingnya materi tentang berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, maka Yayasan NUN kembali mengadakan kajian rutin bertempat di Taman Wisata Aldepos, pada hari Senin 02 April 2018 dengan pemateri Ustadz, Budi Ja’far, M.Pd.I.

Mari bersama-sama kita raih kemulian dan keberkahan dengan mendukung program yang mulia ini, dengan cara menyalurkan donasi  ( infaq, Sedekah & zakat ) anda ke rekening Sehati berikut ini:
*Mandiri Syari’ah : 705 5205 919
*BNI Syari’ah : 0303 1583 62
Semua rekening a/n Nurul Ummah Nusantara Raya atau Klik Link Dibawah ini :

Konfirmasi tranfer: 0857 2382 0576 ( whatsapp )  0878 7781 7393 (telpon & sms)

Tebarkan Hidayah Keseluruh Pelosok Nusantara Bersama Nurul Ummah Nusantara!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *