“Menjemput Lailatul Qadar” Tabligh Akbar Bertempat Di Masjid Al-Muhajirin 10/06/2018

Tidak lam lagi kita akan ditinggalkan oleh bulan yang paling mulia, bahkan Belum tentu di tahun  berikutnya, kita mendapati kesempatan yang sama, yaitu mengerjakan puasa di siang hari dan diberi kesehatan untuk menyemarakkan malamnya dengan beribadah. Karenanya, gunakanlah sisa waktu Ramadhan ini dengan sebaik mungkin. Perbanyaklah ibadah dan amal shaleh.

Menjelang akhir Ramadhan, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam biasanya lebih fokus beribadah, terutama sepuluh malam terakhir. Hal ini sebagaimana yang disebutkan ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha:

كان النبي صلى الله عليه وسلم إذا دخل العشر شد مئزره وأحيا ليله وأيقظ أهله

“Nabi Muhammad SAW, ketika memasuki sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, beliau fokus beribadah, mengisi malamnya dengan dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut beribadah” (HR: al-Bukhari)

erdasarkan hadis ini, dapat disimpulkan bahwa sepuluh malam terakhir Ramadhan merupakan waktu yang terbaik untuk beribadah. Sebagian ulama mengatakan, Rasulullah SAW meningkatkan kesungguhannya beribadah pada sepuluh malam terakhir dibandingkan malam sebelumnya.

Menurut Ibnu Bathal,  hadis ini menginformasikan kepada kita bahwa malam lailatul qadhar terdapat pada sepuluh malam terkahir Ramadhan. Karenanya, Rasulullah lebih fokus beribadah pada malam tersebut dan menganjurkan kepada umatnya untuk melanggengkan ibadah di malam sepuluh terakhir.

Karena kita tidak tahu secara pasti kapan terjadinya malam lailatul qadhar, usahakan setiap malam di sepuluh terakhir diisi dengan memperbanyak ibadah. Usahakan tidak ada satu malam pun yang tidak dihiasi dengan ibadah, supaya malam lailatul qadhar tidak terlewatkan, pesan ini seperti yang disampaikan oleh Ustadz, Sapriyatna Salmani, S.Ud. dalam kegiatan Tabligh Akbar bertempat di Masjid Al-Muhajirin, Taman Pagelaran, Ciomas-Bogor, pada hari Ahad, 10 Juni 2018. Pemateri menjelaskan tentang pentingnya mendekatkan diri kepada Allah pada 10 malam terakhir agar dapat mendapatkan malam lailatul Qadar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *