“Kisah Kaum Nabi Luth (Kaum Sodom) Zaman Now” Kajian Mahasiswa Di Masjid Al-Hijri II Kampus UIKA 04/01/2018

Akhir-akhir ini marak perbincangan tentang kaum sodom atau yang sering disingkat LGBT ( lesbian, gay, biseksual dan transgender). Banyak sekali pemuda dan remaja yang memiliki kelainan menyukai sesama jenis. Ini merupakan masalah yang sangat serius serta bisa menganccam keutuhan agama dan negara. Allah subhanahu wata’ala berfirman:

وَلُوطًا إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِ أَتَأْتُونَ الْفَاحِشَةَ مَا سَبَقَكُمْ بِهَا مِنْ أَحَدٍ مِنَ الْعَالَمِينَ

Dan (Kami juga telah mengutus Nabi) Luth (kepada kaumnya). (Ingatlah) tatkala dia berkata kepada mereka: “Mengapa kalian mengerjakan perbuatan yang sangat hina itu, yang belum pernah dilakukan oleh seorangpun (di dunia ini) sebelum kalian?” [Al-A’raaf: 80

Ayat ini menjelaskan bahwa kaum yang pertama kali melakukan perbuatan seperti ini adalah perbuatan kaum nabi Luth yang kemudian Allah adzab karena tidak mematuhi perintah nabi Luth yang sudah melarang mereka namun tidak menghiraukannya.

Dan jika kita perhatikan dalam al-Quran, ternyata Allah memberikan hukuman kepada umatnya Luth dengan empat hukuman sekaligus, yang pertama Dibutakan matanya seperti telah dijelaskan dalam surat al-Qamar ayat 33, Allah berfirman:

كَذَّبَتْ قَوْمُ لُوطٍ بِالنُّذُرِ

“Kaumnya Luth telah mendustakan peringatan.”

Kemudian, di ayat 37 Allah berfirman,

وَلَقَدْ رَاوَدُوهُ عَنْ ضَيْفِهِ فَطَمَسْنَا أَعْيُنَهُمْ فَذُوقُوا عَذَابِي وَنُذُرِ

“Sesungguhnya mereka telah membujuknya (agar menyerahkan) tamunya (kepada mereka), lalu Kami butakan mata mereka, maka rasakanlah azab-Ku dan ancaman-ancaman-Ku.” (QS. Al-Qamar: 37).

Diceritakan dalam buku sirah, ketika lelaki kaum Luth berusaha untuk masuk ke rumah Nabi Luth, karena ingin merebut tamu Luth yang tampan – malaikat yang berubah wujud manusia – maka keluarlah Jibril. Lalu beliau memukul wajah mereka semua dengan ujung sayapnya. Seketika mereka jadi buta. Akhirnya mereka nabrak-nabrak tembok, hingga mereka bisa kembali ke rumahnya sendiri. Mereka mengancam Luth, besok akan datang lagi dan mengadakan perhitungan dengan Luth. (Fabihudahum Iqtadih, hlm. 257).

hukuman yang kedua , Allah kirimkan suara yang sangat keras sebagaimana Alllah berfirman:

فَأَخَذَتْهُمُ الصَّيْحَةُ مُشْرِقِينَ

“Mereka dibinasakan oleh suara keras yang mengguntur, ketika matahari akan terbit.” (QS. Al-Hijr: 73).

Suara itu sangat keras sehingga memekakkan telinga mereka, di saat matahari terbit. Di saat, bumi mereka telah diangkat. Hukuman ketiga yaitu bumi yang mereka tempati diangkat dan dibalik sebagaimana Allah berfirman:

فَلَمَّا جَاءَ أَمْرُنَا جَعَلْنَا عَالِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةً مِنْ سِجِّيلٍ مَنْضُودٍ

“Tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi.” (QS. Hud: 82).

Kemudian hukuman yang terakhir adalah dihujani dengan batu sebagaimana Allah berfirman:

فَجَعَلْنَا عَالِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ حِجَارَةً مِنْ سِجِّيلٍ

Kami jadikan bahagian atas kota itu terbalik ke bawah dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang keras. (QS. Al-Hijr: 74).

Jika melihat hukuman bagi kaum LGBT seperti yang telah dijelaskan, maka sudah seyogyanya kita sebagai kaum muslimin untuk mengingatkan saudara kita yang terjebak dalam dosa yang sangat hina ini serta memberikan pembinaan kepada masyarakat tentang bahaya LGBT, seperti yang dilakukan oleh Yayasan NUN pada hari selasa 02 januari 2017 bertempat di Masjid Al-Hijri II Kampus UIKA Bogor dengan pemateri ustadz Budi Ja’far M.Pd.I.

Mari bersama-sama kita Raih kemulian dan keberkahan dengan mendukung program yang mulia ini, dengan cara menyalurkan donasi  ( infaq, Sedekah & zakat ) anda ke rekening Sehati berikut ini:
*Mandiri Syari’ah : 705 5205 919
*BNI Syari’ah : 0303 1583 62
Semua rekening a/n Nurul Ummah Nusantara Raya atau Klik Link Dibawah ini :

Konfirmasi tranfer: 0857 2382 0576( Sms )                                                                                                                                      *Tebarkan Hidayah Keseluruh Pelosok Nusantara Bersama Nurul Ummah Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

linked in share button