KEPERCAYAAN-KEPERCAYAAN MUNGKAR

nurul-ummah.com – Islam adalah agama yang dibangun di atas pondasi akidah yang bersumber dari al-Qur`an dan as-Sunnah. Siapapun yang mengaku beragama Islam, maka haram baginya membangun keyakinan dari adat, dongeng, mimpi atau segala sesuatu yang tidak ditetapkan Alloh  dan Rosul-Nya.

Segala keyakinan yang bersumber dari al-Qur`an dan as-Sunnah merupakan wahyu Alloh  yang harus diimani setiap muslim. Jika hal tersebut datang dari Alloh  dan Rosul-Nya maka tidaklah disebut dengan khurofat walaupun tidak masuk akal.

Khurofat adalah kepercayaan batil yang tidak ada sumbernya dari al-Qur`an dan as-Sunnah. Khurofat bisa berupa ajaran-ajaran leluhur, adat istiadat, dongeng, pantangan dan larangan, pemujaan, kekuatan ghoib benda pusaka (dinamisme), roh benda mati (animisme), ramalan-ramalan dan segala  keyakinan yang bertentangan dengan Islam.

Dalam bahasa Arab, istilah lain dari khurofat adalah tathoyyur atau takhayyul. Adapun dalam bahasa Indonesia, sering diungkapkan dengan istilah “mitos”. Semua perkara khurofat hukumnya haram di dalam Islam. Bahkan termasuk bagian dari perkara kesyirikan. Nabi  bersabda:

“Tidak ada ‘Adwa, Thiyaroh, Haamah, dan Shofar. (HR. Bukhori dan Muslim). Sedangkan dalam riwayat Muslim menambahkan lafazh “Tidak ada Nau’ serta tidak ada Ghul”.

Adwaa adalah keyakinan bangsa Arab di masa jahiliyah bahwa penularan penyakit terjadi dengan sendirinya tanpa kehendak dan takdir Alloh .

Thiyaroh adalah merasa bernasib sial atau meramal nasib buruk (menganggap firasat jelek) karena melihat sesuatu seperti melihat burung, mendengar suara binatang, melihat bintang, pecahnya barang perabotan, adat nenek moyang, mitos hantu dan mistis, melihat garis tangan, menghubungkan angka atau tanggal lahir dan lain sebagainya.

Haamah adalah jenis burung yang keluar pada malam hari seperti burung hantu dan lainnya. Orang-orang jahiliyah merasa bernasib sial jika melihat burung Hamah; apabila burung tersebut hinggap di atas rumah salah seorang  di antara mereka, mereka merasa bahwa burung itu membawa berita kematian dirinya atau salah satu dari anggota keluarganya.

Shofar adalah bulan kedua dalam tahun Hijriyah. Orang-orang jahiliyah beranggapan bahwa bulan ini membawa nasib sial atau tidak menguntungkan, dan termasuk di dalamnya ada hari, atau tanggal yang tidak baik.

Nau’ adalah terbit atau tenggelamnya suatu bintang. Orang-orang jahiliyah menyandarkan turunnya hujan kepada bintang-bintang tertentu.

Ghul adalah setan dari jenis jin. Dulu orang Arab beranggapan bahwa  ghul menampakkan diri kepada manusia di padang pasir dan dapat berubah-ubah bentuk. Mereka yakin bahwa ghul dapat menyesatkan mereka dalam perjalanan lalu membinasakan mereka.

Berbagai mitos syirik tersebar di masyarakat kita. Meskipun zaman ini diklaim sebagai era atau zaman modern, namun kepercayaan tersebut tidak pudar, justru bertambah subur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *