Kajian Tafsir Surah Al-Hujurat Ayat 10-13 Dan Pembinaan Karyawan Bertempat Di Hotel Padjadjaran Suites Bogor 18/01/2018

 Ishlah (perbaikan) merupakan perbuatan yang sangat agung didalam Islam. Seorang mukmin dengan mukmin yang lainnya adalah saudara, jika terjadi perselisihan antara keduanya maka wajib untuk mukmin yang lain agar melerai dan mendamaikan keduanya. Sebagaimana Allah berfirman :

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. (Al-Hujurat : 10)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِنْ نِسَاءٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا مِنْهُنَّ ۖ وَلَا تَلْمِزُوا أَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَابِ ۖ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ ۚ وَمَنْ لَمْ يَتُبْ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. (QS. Al-Hujurat :11)

Ayat ini menegaskan wajibnya kita sebagai mukmin agar menjadi pelaku perbaikan jika adanya masalah dan gesekan atara 2 orang atau kelompok yang berselisih, karena melakukan ishlah terhadap dua kubu yang berselisih memiliki derajat yang melebihi puasa, shalat serta shadaqah, sebagaimana Hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasallam :

الا أخبركم بأفضل من درجة الصلاة والصيام والصدقة؟ قالوا : بلى يا رسول الله، صلاح ذات النين، فان فساد ذات البين هي الجالقة. قال الترمذى : ويروى عن النبي صلى الله عليه وسلم انه قال : هي الجالقة لا اقول : تحلق الشعر ولكن تحلق الدين

(Nabi Saw bertanya) Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yg lebih utama dari derajat shalat, puasa dan sedekah? ” Para sahabat menjawab, “Tentu Ya Rasulullah” Nabi Saw bersabda,.” Memperbaiki hubungan sesama saudara karena rusaknya persaudaraan adalah pencukur” at-Tirmidzi berkata “Diriwayatkan dari Nabi Saw bersabda, ” Yang aku maksud bukanlah pencukur rambut akan tetapi pencukur agama”.
Karena pentingnya materi tentang Ishlah maka Yayasan NUN kembali mengadakan kajian Islami serta pembinaan karyawan bertempat di Hotel Padjadjaran Suites Bogor dengan pemateri ustadz sapriyatna salmani S.Ud. pada hari kamis 18 januari 2018.

Mari bersama-sama kita Raih kemulian dan keberkahan dengan mendukung program yang mulia ini, dengan cara menyalurkan donasi  ( infaq, Sedekah & zakat ) anda ke rekening Sehati berikut ini:*Mandiri Syari’ah : 705 5205 919
*BNI Syari’ah : 0303 1583 62
Semua rekening a/n Nurul Ummah Nusantara Raya atau Klik Link Dibawah ini :

Konfirmasi tranfer: 0857 2382 0576( Sms )                                                                                                                                      *Tebarkan Hidayah Keseluruh Pelosok Nusantara Bersama Nurul Ummah Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *