Kajian Fiqih Didalam Kitab Alwajiz Bertempat Di PT. Zoom Computer Yasmin 30/01/2018

Jual beli adalah persetujuan saling mengikat antara penjual, yaitu pihak yang menyerahkan barang, dan pembeli sebagai pihak yang membayar harga barang yang dijual. Jual beli merupakan perbuatan yang diperbolehkan Allah Subhanahu wata’ala, sebagaimana firmna-Nya:

وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا

“Dan Allah menghalalkan jual-beli dan mengharamkan riba”. [al Baqarah : 275].

Terjadinya jual beli karena adanya perbedaan kebutuhan hidup antara satu orang dengan orang yang lain. Suatu contoh mislanya, satu pihak memiliki barang, tetapi membutuhkan uang. Sementara itu, pihak yang lain memiliki uang, tetapi mereka membutuhkan barang. Kedua belah pihak tersebut dalam contoh di atas, dapat mengadakan kerja sama di antara keduanya dalam bentuk jual beli atas dasar sama-sama rela. Dengan kerja sama jual beli itu, kebutuhan masing-masing pihak dapat terpenuhi.

Adapun pada dewasa ini umat islam terkadang melalaikan syarat dan adab jual beli, padahal setiap penjual dan pembeli harus memiliki ilmu tentang jual beli, agar menjadikan transaksi jual beli yang diberkahi oleh Allah Swt. dengan latarbelakang inilah Yayasan NUN tergerak untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang hukum, syarat, dan adab jual beli. Sebagaimana kegiatan rutin yang dilakukan oleh Yayasan NUN, yaitu Kajian Eksekutif karyawan.

Alhamdulillah Yayasan NUN telah mengadakan Kajian Eksekutif Karyawan di PT. Zoom Computer Bogor. Kajian yang bertemakan tentang “Jual-Beli” ini diisi oleh Ustadz. Miftah Nailil Lc., pada Hari/Tanggal: selasa, 30 Januari 2018.

Melalui kajian ini diharapkan bisa menjadikan Ibrah (pelajaran) untuk kita agar kita senantiasa memperbanyak keilmuan kita tentang masalah Jual-Beli, agar setiap transaksi jual beli kita mendapatkan keberkahan dari Allah Subhanahu wata’ala. Semoga jama’ah yang hadir dan kita semua mendapat hidayah dan keistiqomahan dalam menjalankan agama ini dengan kemurnian risalah yang dibawa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Mari bersama-sama kita Raih kemulian dan keberkahan dengan mendukung program yang mulia ini, dengan cara menyalurkan donasi  ( infaq, Sedekah & zakat ) anda ke rekening Sehati berikut ini:
*Mandiri Syari’ah : 705 5205 919
*BNI Syari’ah : 0303 1583 62
Semua rekening a/n Nurul Ummah Nusantara Raya atau Klik Link Dibawah ini :

Konfirmasi tranfer: 0857 2382 0576( Sms )                                                                                                                                      *Tebarkan Hidayah Keseluruh Pelosok Nusantara Bersama Nurul Ummah Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

linked in share button