Kajian Fikih Ekonomi Islam ” Awas Bahaya Riba “

Ditinjau dari ilmu bahasa arab, riba bermaknakan: tambahan, tumbuh, dan menjadi tinggi. Adapun dalam pemahaman syari’at, maka para ulama’ berbeda-beda ungkapannya dalam mendefinisikannya, akan tetapi maksud dan maknanya tidak jauh berbeda. Diantara definisi yang dirasa cukup mewakili berbagai definisi yang ada ialah: “Suatu akad/transaksi atas barang tertentu yang ketika akad berlangsung tidak diketahui kesamaannya menurut ukuran syari’at atau dengan menunda penyerahan kedua barang yang menjadi objek akad atau salah satunya.” Ada juga yang mendefinisikannya sebagai berikut: “Penambahan pada komoditi/barang dagangan tertentu.”

Tidak asing lagi bahwa riba adalah salah satu hal yang diharamkan dalam syari’at Islam. Sangat banyak dalil-dalil yang menunjukkan akan keharaman riba dan berbagai sarana terjadinya riba.

Allah Ta’ala berfirman yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.”  (QS: Ali Imran 130)

banyak sekali masyarakat yang belum sadar dan mengetahui bahaya riba, mereka seolah-olah acuh tak acuh dalam masalah ini. bahkan seringkali menanggap remeh tentang bahaya riba. padahal jika telah mengetahui dosa perbuatan riba, maka kita akan tersadar bahwa riba merupakan dosa besar yang harus dijauhi.

untuk itu lah yayasan NUN berjuang keras dalam memahamkan masyarakat tentang bahaya riba, yayasan NUN kembali akan mengadakan kajian ilmiah yang bertema: ” Awas Bahaya Riba “. kajian ilmiah ini akan di bawakan oleh ustadz. M Irfan Helmi, beliau adalah penasehat acara Khazanah Trans 7. in sya allah akan  diselengarakan di Masjid Al-Muslimun ( perum. indraprasta, Bantarjati – kota bogor). waktu pelaksanaannya pada hari: Ahad, 29 oktober 2017.

Mari bersama-sama kita bantu program yang mulia ini, dengan cara menyalurkan donasi anda ke rekening kami berikut ini:
? Mandiri Syari’ah: 705 5205 919
? BNI Syari’ah: 0303 1583 62
✔ Semua rekening a/n Nurul Ummah Nusantara

? Konfirmasi tranfer: 0857 9540 9020

Kunjungi pula aktifitas kami di:
? www.nurul-ummah.com

? Tebarkan Hidayah Keseluruh Pelosok Nusantara Bersama Nurul Ummah Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

linked in share button