“Hidup Yang Membawa Manfaat” Kajian Islami Serta Pembinaan Karyawan Bertempat Di Warung Islami Bogor 04/04/2018

Ada 3 golongan manusia dalam kehidupan yaitu:

Golongan orang yang membawa manfaat

Dimanapun ia berada akan selalu memberikan manfaat bagi orang-orang disekitarnya, Seharusnya kita sebagai manusia dapat mencontoh perilaku lebah ini, dimanapun kita berada kita harus membawa manfaat pada sesama dan lingkungan, di mana pun kita bekerja kita harus berikan manfaat kepada sesama dan juga atasan. Bukan malah menjadi kerusakan, Madarat dan  kesia-siakan. Mari kita mulai belajar memahami cara hidup lebah yang tiada lelah dan tiada pernah meninggalkan kerusakan di dunia ini, Sebagaimana Istilah lama yang mengatakan:

ﻛﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻛﺎﻟﻨﺤﻠﺔ : ﺇﻥ ﺃﻛﻠﺖ ﺃﻛﻠﺖ ﻃﻴﺒﺎ، ﻭﺇﻥ ﺃﻃﻌﻤﺖ ﺃﻃﻌﻤﺖ ﻃﻴﺒﺎ، ﻭﺇﻥ ﺳﻘﻄﺖ ﻋﻠﻰ ﺷﻲﺀ ﻟﻢ ﺗﻜﺴﺮﻩ ﻭﻟﻢ ﺗﺨﺪﺷﻪ
Hiduplah di dunia ini laksana lebah: jika makan, ia makan yang baik; jika memberi makan, ia memberi yang baik, jika terjatuh, ia tidak merusak dan menodai sesuatu. orang yang merugikan
Golongan orang yang mengambil manfaat
Yaitu orang yang hanya menerima manfaat dari orang lain dan cenderung pasif dalam kebaikan, untuk itu perlu adanya perubahan dalam dirinya agar tidak hanya menjadi penerima akan tetapi menjadi pemberi manfaat bagi orang lain, sebagaimana hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:
عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ

Dari Hakîm bin Hizâm Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-sebaik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya. Barangsiapa menjaga kehormatan dirinya maka Allâh akan menjaganya dan barangsiapa yang merasa cukup maka Allâh akan memberikan kecukupan kepadanya.” (Muttfaqun ‘alaih) 

Golongan orang yang merugikan

merupakan orang yang senang melakukan kerusakan bagi orang lain, padahal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

عَنْ أَبِي سَعِيْدٍ سعْدُ بْنِ سِنَانِ الْخُدْرِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله عليه وسلَّمَ قَالَ : لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ

Dari Abu Sa’id, Sa’ad bin Malik bin Sinan Al Khudri radhiyallahu anhu, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam telah bersabda : “Janganlah engkau membahayakan dan saling merugikan”. [Ibnu Majah no. 2341, Daruquthni no. 4/228, Imam Malik (Muwaththo 2/746)]

Melihat pentingnya materi tentang hidup yang membawa manfaat, maka Yayasan NUN kembali mengadakan kajian Islami serta pembinaan karyawan bertempat di Warung Islami Bogor pada hari, Rabu 04 April 2018 dengan pemateri Ustadz. Sapriyatna Salmani, S.Ud.

Mari bersama-sama kita raih kemulian dan keberkahan dengan mendukung program yang mulia ini, dengan cara menyalurkan donasi  ( infaq, Sedekah & zakat ) anda ke rekening Sehati berikut ini:
*Mandiri Syari’ah : 705 5205 919
*BNI Syari’ah : 0303 1583 62
Semua rekening a/n Nurul Ummah Nusantara Raya atau Klik Link Dibawah ini :

Konfirmasi tranfer: 0857 2382 0576 ( whatsapp )  0878 7781 7393 (telpon & sms)

Tebarkan Hidayah Keseluruh Pelosok Nusantara Bersama Nurul Ummah Nusantara!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *