DAMPAK PERBUATAN RIBA

Riba memiliki dampak buruk terhadap individu, keluarga, dan masyarakat. Berikut ini penjelasan singkatnya:

Dampak Riba Terhadap Individu.

  • Dosa riba melahirkan dosa selanjutnya.

Perbuatan maksiat akan melahirkan benih perbuatan maksiat lainnya. Kemaksiatan ini bisa menghalangi seseorang untuk beramal sholih.

Imam Ibnu Qoyim  menukil perkataan sebagian salaf, “Sesungguhnya balasan dari perbuatan dosa dapat menyebabkan dosa lain sesudahnya. Sebagaimana akibat dari ketaatan akan melahirkan ketaatan lain sesudahnya.”

Coba kita perhatikan! Mereka para pelaku riba mudah sekali untuk berbuat dosa. Mulai dari minum khomr, korupsi, gosip, judi, dan berbagai dosa lainnya. Mereka tidak merasa malu untuk melakukannya.

  • Dosa riba menghalangi seseorang untuk berbuat ketaatan.

Imam Ibnu Qoyim  berkata, “Jika tidak ada hukuman dari dosa kecuali menghalangi seseorang untuk berbuat ketaatan dan kebaikan, niscaya hal itu sudah cukup membuatnya celaka.”

Dosa riba bisa menghalangi seseorang dalam mewujudkan ketaatan kepada Alloh . Bukankah kita saksikan bahwa para pelaku riba malas menunaikan sholat, berat mendermakan harta, susah berbuat baik kepada orang tua, dan tidak mendidik anak-anak mereka dengan akhlak yang baik?!

  • Dosa riba menghilangkan keberkahan.

Orang yang berkecimpung dalam dunia riba dapat kehilangan keberkahan hidupnya. Keberkahan umur, rezeki, ilmu, amal, ketaatan dan lainnya bisa berkurang bahkan hilang disebabkan dosa riba.

Umur mereka tidak mengandung manfaat untuk kemaslahatan diri dan umat. Rezeki mereka musnah dan tidak berfaidah. Tangan mereka hampa dari amal sholih dan ketaatan. Inilah sebagian dari dampak buruk dosa riba.

Sebagaimana dosa dapat menghilangkan keberkahan, maka sebaliknya ketaatan dapat mendatangkan keberkahan.

Alloh  berfirman, “Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka keberkahan dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan ayat-ayat Kami, maka Kami siksa mereka disebabkan perbu-atannya.” (QS. al-A’rof  [7]: 96)

  • Dosa riba menyebabkan problematika kehidupan.

Perkara terbesar yang akan dijumpai pelaku riba setiap kali menghadapi permasalahan kehidupannya akan mengalami kesulitan dalam mencari solusinya.

Sungguh benar firman Alloh

“Apa saja musibah yang menimpa kalian, Maka itu disebabkan oleh perbuatan tangan kalian sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahan kalian).” (QS. Asy-Syuro [42]: 30)

Ibnu Katsir  berkata:

“Wahai manusia, musibah apapun yang menimpa kalian semata-mata disebabkan karena keburukan-keburukan yang kalian lakukan.”

Dari penjelasan ini, diyakini bahwa dosa riba mengakibatkan kesulitan hidup seseorang.

Dampak Riba Terhadap Keluarga

  • Riba dapat menyebabkan keluarga terlilit

Betapa banyak keluarga yang terjerat utang riba. Mereka rela untuk menggadaikan aset-aset yang mereka miliki demi mendapatkan dana. Akhirnya harta dan rumah mereka disita. Biasanya, mereka berutang lagi kepada pihak lain yang juga menerapakan sistem ribawi untuk menutupi utang riba sebelumnya, pada akhirnya hidup mereka menjadi sempit karena terlilit utang yang bertumpuk.

Hendaknya seorang muslim berhati-hati dalam masalah utang apalagi tidak dilandasi dengan niat untuk membayarnya. Sudah seharusnya dia tidak mempermudah berutang untuk memenuhi segala keinginannya.

Banyak dalil-dalil yang menjelaskan tentang bahaya banyak utang. Di antara kesimpulannya, Pertama, orang yang berutang jika meninggal dunia, maka keputusan celaka dan bahagianya ditangguhkan hingga utang tersebut dilunasi. Kedua, Nabi  tidak menyolati jenazah orang yang masih menanggung utang, sedangkan dia tidak meninggalkan sesuatu yang dapat digunakan untuk membayarnya. Ketiga, Alloh  mengampuni seluruh dosa dan kesalahan orang yang mati syahid kecuali apabila ia masih menanggung utang.

  • Menafkahi anggota keluarga dari hasil riba akan menyebabkan kerusakan mereka.

Banyak orang yang merasa tidak berdosa saat memperoleh harta riba, padahal terdapat ancaman neraka bagi siapa saja yang memakan harta haram.

Rosululloh  bersabda:

“Sesungguhnya tidak akan masuk surga daging yang tumbuh dari harta yang haram, neraka lebih pantas untuknya.” (HR. Ahmad dan ad-Darimi)

Banyak keluarga yang diberi nafkah dari hasil riba, sehingga terciptalah anggota keluarga yang tidak taat kepada aturan Islam.

Pernahkah Anda menyaksikan para pemuda yang berani membunuh orang tuanya? Anak yang tega memasukkan orangtuanya ke panti jompo? Seorang istri yang berani berselingkuh dari suaminya? seorang istri dan suami melakukan tindakan kriminalitas? Itulah di antara dampak negatif yang akan ditanggung oleh siapa saja yang memberi nafkah dari hasil riba kepada keluarganya.

Dampak Riba Terhadap Sosial Kemasyarakatan

Riba adalah salah satu perbuatan maksiat yang mengundang murka dan adzab dari Alloh . Ketika praktek riba merebak pada suatu umat, maka adzab Alloh  akan datang kepada mereka secara bertubi-tubi. Nabi  bersabda, “Apabila telah tampak perzinaan dan riba di suatu negeri, maka mereka berarti telah mengundang adzab Alloh untuk diri mereka.” (HR. Ahmad)

Realita saat ini, banyak dijumpai musibah dan bencana alam di negeri tercinta ini, bahkan di berbagai belahan dunia. Sepertinya hal ini disebabkan karena merebaknya praktek zina dan riba di tengah-tengah masyarakat.

Gempa bumi yang menggoncangkan dan meruntuhkan tempat tinggal, letusan-letusan gunung berapi yang membakar banyak anak bangsa hidup-hidup, melenyapkan harta benda mereka, dan menghanguskan lahan pertanian. Banjir yang tidak hanya menghancurkan banyak infrastruktur negeri ini, tetapi juga menjadikan para korban yang masih hidup terpaksa menyandang profesi baru sebagai pengemis karena kehilangan harta mereka. Jatuhnya pesawat terbang yang memakan banyak korban, kebakaran tak pernah henti, sampai-sampai terjadi di atas laut yang luas, membakar kapal berpe-numpang penuh. Lalu… Lapindo… ya Rawa Lapindo yang sangat aneh! Tidak bisa dicer-na oleh akal secara jelas! Menelan harta yang tak terhitung banyaknya, terus merayap entah bagaimana jadinya. Perhatikanlah..! Bagai-mana perbuatan maksiat dapat membinasakan.

Kita memohon kepada Alloh  agar menyelamatkan kita dari adzab dan murkanya.

One thought on “DAMPAK PERBUATAN RIBA

  • July 22, 2018 at 9:38 am
    Permalink

    naudzubillahi min dzalikk
    sungguh banyak danpak negatif dari ribaa
    semoga kita semua terhindar dari ribaa
    amiin

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *