“Amalan Buruk Yang Lahir Disebabkan Prasangka” Kajian Islami Serta Pembinaan Etos Kerja Karyawan Bertempat Di Taman Wisata Aldepos 26/03/2018

Prasangka atau dikenal dengan istilah (dzan) yaitu membuat keputusan sebelum mengetahui fakta yang relevan mengenai suatu objek. Padahal Allah subhanahu wata’ala mekarang hambanya untuk menjauhi prasangka, sebagaimana firman-Nya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang (Al-Hujurat: 12) 

Selain itu, ada beberapa amalan-amalan buruk yang lahir disebabkan oleh prasangka, diantaranya sebagaimana hadist yang di riwayatkan oleh Malik dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِيَّا كُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيْثِ وَلاَ تَحَسَّسُوا وَلاَ تَجَسَّسُوا وَلاَ تَحَاسَدُوا وَلاَتَدَابَرُوا وَلاَتَبَاغَضُوا وَكُوْنُواعِبَادَاللَّهِ إحْوَانًا

Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan. Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi, dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara.” (HR. Bukhari Muslim)

Dari hadist diatas kita akan menyadari bahwa prasangka akan melahirkan amalan-amalan buruk yang akan mencerai-beraikan persaudaraan seseorang dengan yang lainnya. Melihat pentingnya materi tentang menjauhi prasangka, maka Yayasan NUN berinisiatif untuk mengadakan kajian Islami serta pembinaan etos kerja karyawan yang terlaksana di Taman Wisata Aldepos, pada hari Senin, 26 Maret 2018 dengan pemateri Ustadz. Sapriyatna Salmani S.Ud.

Semoga dengan Kajian ini kita bisa membentengi diri dari prasangka buruk yang dapat mencerai-beraikan persaudaraan. Aamiin

Mari bersama-sama kita raih kemulian dan keberkahan dengan mendukung program yang mulia ini, dengan cara menyalurkan donasi  ( infaq, Sedekah & zakat ) anda ke rekening Sehati berikut ini:
*Mandiri Syari’ah : 705 5205 919
*BNI Syari’ah : 0303 1583 62
Semua rekening a/n Nurul Ummah Nusantara Raya atau Klik Link Dibawah ini :

Konfirmasi tranfer: 0857 2382 0576 ( whatsapp )  0878 7781 7393 (telpon & sms)

Tebarkan Hidayah Keseluruh Pelosok Nusantara Bersama Nurul Ummah Nusantara!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *